Header Ads

PropellerAds

PP Nomor 30 Tahun 2019 Tentang Penilaian Kinerja PNS


PP 30 Tahun 2019 ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 26 April 2019. Peraturan Pemerintah ini ditetapkan untuk melaksanakan ketentuan Pasal 78 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara perlu menetapkan Peraturan Pemerintah tentang Penilaian Kinerja PNS. Dalam Peraturan Pemerintah ini yang dimaksud dengan Sistem Manajemen Penilaian Kinerja PNS adalah suatu proses sistematis yang terdiri dari Perencanaan Kinerja, Pelaksanaan, Pemantauan, dan Pembinaan Kinerja,  Penilaian Kinerja, Tindak Lanjut, dan Sistem Informasi Kinerja.

Sasaran Kinerja Pegawai yang selanjutnya disingkat SKP adalah rencana kinerja dan target yang akan dicapai oleh seorang PNS yang harus dicapai setiap tahun. Kinerja PNS adalah hasil kerja yang dicapai oleh setiap PNS pada organisasi/unit sesuai dengan SKP dan Perilaku Kerja.

Pasal 2 :
Menjelaskan Penilaian Kinerja PNS bertujuan untuk menjamin objektivitas pembinaan PNS yang didasarkan pada sistem Prestasi dan Sistem Karier. 

Pasal 3 :
Penilaian Kinerja PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2 dilakukan berdasarkan perencanaan kinerja pada tingkat individu dan tingkat unit atau organisasi, dengan memperhatikan target, capaian, hasil, dan manfaat yang dicapai, serta perilaku PNS.

Pasal 4 :
Penilaian Kinerja PNS dilakukan berdasarkan prinsip :
  1. Objektif
  2. Terukur
  3. kuntabel
  4. Partisipatif
  5. Transparan

Pasal 5 :
Penilaian Kinerja PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 dilaksanakan dalam suatu Sistem Manajemen Kinerja PNS.

Pasal 6 :
Menjelaskan tentang
1). Sistem Manajemen Kinerja PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5 terdiri atas:
  1. Perencanaan Kinerja;
  2. Pelaksanaan, Pemantauan Kinerja, dan Pembinaan Kinerja;
  3. Penilaian Kinerja;
  4. Tindak Lanjut; dan
  5. Sistem Informasi Kinerja PNS.
2). Instansi Pemerintah yang akan/sedang membangun Sistem Manajemen Kinerja PNS selain yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini dapat dilaksanakan dengan Keputusan Menteri.
3). Instansi Pemerintah yang telah membangun Sistem Manajemen Kinerja PNS selain yang diatur dalam Peraturan Pemerintah ini dilakukan evaluasi bersama dan hasilnya ditetapkan dengan Keputusan Menteri.

Pasal 7 :
Menjelaskan bahwa Setiap Instansi Pemerintah harus menerapkan Sistem Manajemen Kinerja PNS sebagaimana dimaksud dalam Pasal 6. Selanjutnya Pimpinan Instansi Pemerintah melakukan pengawasan terhadap penerapan Sistem Manajemen Kinerja PNS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) pada Instansi Pemerintah masing-masing.



Baca Juga
Donasi Via PayPal Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.deblogs.id. Terima kasih.

Related Posts

Powered by Blogger.