Header Ads

PropellerAds

Pendaftaran Bantu Guru Melihat Dunia 2019


Perhimpunan Pelajar Indonesia se-Dunia (PPI Dunia) didirikan atas dasar kesadaran untuk ikut membangun dan memajukan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sesuai dengan cita-ci­ta dan tujuan bangsa yang tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar 1945, di antaranya adalah “mencerdaskan kehidupan bangsa”. Mencerdaskan erat kaitannya dengan pendidikan, dan salah satu upaya untuk memajukan pendidikan nasional adalah dengan meningkatkan kapasitas dan kualitas guru/pendidik di Indonesia. Berangkat dari gagasan tersebut, Komisi Pendidikan PPI Dunia 2018-2019 kembali mengadakan program Bantu Guru Melihat Dunia (BGMD). Sebagaimana tahun lalu, kota tujuannya adalah Tokyo, sebagai ibu kota negara yang menawarkan kehidupan di metropolis. Selain itu, sebagian guru juga akan dikirimkan ke kota Himeji di Prefektur Hyogo. Berbeda dengan Tokyo, Himeji jauh dari hiruk pikuk keramaian kota besar. Guru yang dikirim akan tinggal bersama orang Jepang dengan ditemani pendamping dari pelajar Indonesia selama program berlangsung.

Dengan demikian, selain belajar bagaimana sistem pendidikan di sana, guru-guru juga dapat mempelajari budaya dan karakteristik masyarakat Jepang secara langsung. Oleh sebab itu, PPI Dunia dengan ini membuka kesempatan bagi guru-guru Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama yang ingin mendaftar dalam Program BGMD 2019, dengan ketentuan sebagaimana terlampir di bawah.

Syarat Pendaftaran BGMD 2019
  1. Terbuka untuk WNI Pria/Wanita dengan usia 25-40 tahun. 
  2. Latar belakang pendidikan minimal S1 dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3,00 pada skala 4,00. 
  3. Guru Sekolah Dasar (atau yang setara), atau Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP). 
  4. Memiliki pengalaman mengajar di jenjang pendidikan formal selama tiga tahun. 
  5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba (ditandai dengan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari instansi kesehatan resmi). 
  6. Mendapatkan (minimal satu) surat rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja, atau rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja. 
  7. Mendapatkan surat pernyataan bahwa pimpinan institusi pendidikan di mana calon peserta mengajar mengijinkan guru yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan apabila calon peserta diterima.
  8. Membuat video pendek dengan rincian : Diambil dengan mode landscape, Durasi maksimal 3 menit, Berisi perkenalan mengenai diri dan motivasi mengikuti BGMD, Mengunggah video di akun media sosial masing-masing (dengan tagar #BGMD2019), kemudian me-mention akun media sosial PPI Dunia, Mengirimkan link video ke form pendaftaran bersamaan dengan pengiriman berkas-berkas terlampir, Memiliki keahlian dalam kesenian/budaya Indonesia (tarian tradisional, beladiri tradisional, nyanyian tradisional, permainan tradisional, dll).
  9. Bersedia menandatangani surat pernyataan sebagaimana terlampir yang menyatakan bahwa pendaftar, berupa :
  • Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa program dari sumber lain;
  • Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila;
  • Membagikan ilmu serta pengetahuan yang didapat selama program berjalan kepada rekan-rekan guru di Indonesia dalam bentuk apa pun;
  • Bekerja sama dengan pihak panitia BGMD 2019 dalam rangka mempublikasikan hasil dari program BGMD ke khalayak umum, terkhusus rekan-rekan guru atau pendidik di Indonesia.

Merupakan nilai tambah :
  1. Memiliki dokumen resmi/sertifikat bahasa Inggris dengan skor sekurang-kurangnya : TOEFL ITP 450 atau iBT 57 atau IELTS 5 atau TOEIC 600,
  2. Memiliki dokumen resmi/sertifikat JLPT,
  3. Guru dari daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).
……………………

Proses Pendaftaran BGMD 2019
Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7 April 2019 hingga 27 April 2019.
Download format formulir pendaftaran dan berkas-berkas lain di http://bit.ly/FormulirBGMD2019.
Jika Anda memiliki pertanyaan, silakan kirimkan pertanyaan melalui email di bgmd@ppidunia.org.
Lengkapi berkas sebelum mendaftar. Scan berkas-berkas yang telah terkumpul.
Daftarkan diri anda pada link pendaftaran di http://bit.ly/BGMD2019.
Pendaftaran paling lambat tanggal 27 April 2019. Simpan berkas asli karena akan diperlukan ketika anda lolos seleksi nantinya.

……………………

Proses Seleksi BGMD 2019
  • Seleksi Administrasi
Akan dilaksanakan hingga 27 April 2019 oleh panitia Bantu Guru Melihat Dunia (PPI Dunia).
  • Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
Melalui media sosial, website PPI Dunia, dan ke email calon peserta yang lolos seleksi. Dalam pengumuman ini, panitia akan sekaligus memberitahukan mengenai prosedur seleksi selanjutnya.
  • Seleksi Wawancara
Akan dilaksanakan pada awal bulan Mei 2019 melalui video conference.
  • Pengumuman Hasil Seleksi Wawancara
Peserta yang lolos seleksi wawancara akan diberikan surat undangan mengikuti program Bantu Guru Melihat Dunia di negara tujuan yang telah ditentukan panitia.
  • Pengurusan Paspor dan Visa
Peserta diwajibkan mengurus Paspor dan Visa sebelum tanggal keberangkatan pada 23/24 Juni 2019 (biaya pengurusan paspor dan visa ditanggung sendiri oleh peserta).
  • Persiapan Sebelum Keberangkatan
Akan dikomunikasikan oleh panitia BGMD kepada peserta.

……………………

Formulir pendaftaran dan surat-surat bisa diunduh di sini :

Setelah melengkapi berkas-berkas pendaftaran, silakan mendaftar online lewat link berikut :

Ayo Buruan... DE Blog's...

Baca Juga
Donasi Via PayPal Bantu berikan donasi jika artikelnya dirasa bermanfaat. Donasi akan digunakan untuk memperpanjang domain www.deblogs.id. Terima kasih.

Related Posts

Powered by Blogger.